Featured Posts

Bismillahirohmanirrohim

Kamis, 20 Oktober 2011

METODE PENAMBANGAN DENGAN SISTEM HIDRAULICKING ATAU TAMBANG SEMPROT


Metode tambang semprot pada penambangan endapan timah sekunder merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi :
1.      Pengupasan lapisan penutup atau Over Burden.
2.      Pembongkaran endapan bijih tersebut.
3.    Pemisahan dan pemurnian antara Konsentrat ( mineral yang dikehendaki ) dan Tailing ( kotoran yang menyertai )
Metode ini dapat diterapkan dengan syarat-syarat tertentu yaitu:
  1. Tebal overburden kurang dari 10 meter
apabila ketebalan lapisan penutup atau Over burden lebih dari 10 meter metode ini sulit diterapkan mengingat media yang digunakan adalah media air dan tentunya lumpur pengotornya semakin banyak sehingga bila ketebalan lebih dari 20 meter lebih baik dengan tambang dalam bila setelah dihitung BESR ( bench striping ratio ) nya menguntungkan.

  1. Persediaan air cukup
Karena apabila persediaan air tidak cukup akan menggangu waktu proses penyemprotan dan alangkah baiknya lokasi penampungan air di usahakan sedekat mungkin dengan lokasi penambangan.
  1. Kemiringan bed rock yang baik antara 1º - 3º
Dengan kemiringan bed rock antara 1º - 3º diharapkan Lumpur hasil penyemprotan langsung menuju ke kolam penampung sementara dan waktu membongkar bagian bawah tidak kesulitan.

Adapun alat – alat yang digunakan yaitu :
  1. Monitor  / Giant
Bentuknya menyerupai meriam atau canon, monitor ini dihubungkan dengan pipa tekanan tinggi dengan penjepit, letak badan dari monitor disangga oleh kayu atau penghalang agar kedudukan monitor tidak goyah oleh getarannya air yang bertekanan tinggi. Tekanan air dapat diatur kecepatannya dengan melonggarkan kran penutup dan dibantu pula oleh pengaturan besar kecilnya mulut pipa atau Nozle. Air yang menyemprot dari mulut pipa atau Nozle dapat ditujukan pada arah tertentu dengan menggunakan kemudi yang diberi pemberat pada arah kasar, dan apabila lebih mau teliti dapat dibantu dengan penyipat arah yang namanya Diflector. Monitor dapat melakukan gerakan mendatar karena adanya sendi putar dan gerakan tegak lurus karena adanya sendi peluru.
  1. Pompa
Disini pompa adalah alat untuk memindahkan air dari tempat yang rendah ketempat yang lebih tinggi. Menurut prinsipnya pompa digolongkan :
Ø  Pompa Tekan
Ialah pompa yang kerjanya memindahkan air dengan jalan ditekan.
Ø  Pompa Isap
Ialah pompa yang kerjanya memindahkan air dengan menghisap air.
  1. Pipa atau Selang
Untuk menghubungkan air dari bak penampung ke pompa isap, pompa tekan, monitor atau giant. Selain juga digunakan untuk menhubungkan lumpur endapan dari bak penampung ke pompa isap, sluice box, washing plan,yang selanjutnya ke bak tailing dan bak Konsentrat atau bijih yang dikehendaki.
  1. Sluice Box
Yaitu alat mirip seperti talang yang di buat miring dan pada dasarnya terdapat Riffle yang digunakan untuk menghanyutkan lumpur endapan placer. Prinsip kerja sluice box yaitu dengan prinsip berat jenis, sehingga apabila mineral – mineral yang terdapat dalam lumpur yang masuk ke sluice box berat jenisnya lebih besar dari berat jenis air maka akan tertahan pada riffle tersebut sedangkan yang lebih ringan atau sama dengan air akan terbawa aliran air yang selanjutnya dibuang sebagai tailing.
  1. Washing Plant ( Mud box )
Yaitu alat yang digunakan untuk mencuci atau menghilangkan material – material pengotor yang masih menempel pada mineral yang dikehendaki.
 

Cara kerja penambangan dengan metode hydraulicking atau semprot dan petunjuk pelaksanaannya


Awalnya air yang berada pada bak penampung air disedot dengan pompa isap yang ditempatkan pada rumah jig yang kemudian ditekan dengan pompa tekan ke monitor atau giant yang selanjutnya diarahkan kelapangan tempat endapan placer atau alluvial berada. Tahap pertama yaitu pengupasan over burden atau lapisan tanah penutup, yang paling penting letak mulut pipa isap lumpur harus pada tempat paling terendah pada kolam penampung lumpur sehingga lumpur tersebut secara alamiah akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sebaiknya penyemprotan dimulai dari hilir ke arah hulu dari bekas – bekas lembah dimana placer terdapat hal ini dimaksudkan agar posisi lumpur hasil semprotan lebih tinggi dari posisi bak penampung lumpur. Penyemprotan dimulai dari atas atau bagian permukaan dahulu hingga membentang mendatar kemudian berangsur – angsur monitor agak ditundukkan ke bawah sedikit demi sedikit lalu disemprotkan mendatar lagi, begitu seterusnya sampai mencapai bedrock. Setelah endapan placer yang telah dibersihkan habis, monitor kembali diarahkan ke atas guna membongkar lagi lapisan penutup begitu seterusnya. Hendaknya penambangan dilakukan kearah depan terus sehingga tidak usah memindah – mindah posisi monitor kesamping.
 Lumpur dapat terkumpul  di kolam penampung lumpur lewat parit – parit yang telah dibuat yang kemudian diisap oleh pipa isap dengan bantuan pompa isap, kemudian lumpur endapan placer tadi masuk ke bagian sluice box untuk dipisahkan antara pengotor dengan mineral konsentrat yang dikehendaki, selanjutnya mineral tadi masuk ke bagian washing plan untuk dicuci dan di murnikan dari mineral – mineral pengotor yang masih menempel pada mineral yang di kehendaki. Sisa – sisa dari lumpur pengotor yang tidak tertampung oleh riffle pada sluice box kemudian dikeluarkan melalui pipa ke bak penampung tailing dan pengotor hasil pencucian dari washingplan juga demikian sedangkan mineral yang dikehendaki disalurkan melalui pipa ke bak penampung konsentrat demikian berulang – ulang.

 Keuntungan sistem tambang semprot :
1.      Tidak memerlukan alat bonkar mekanis
2.      Biaya operasional lebih sedikit dibanding system yang menggunakan alat- alat mekanis.
3.      Tidak menyebabkan banyak polusi udara.
4.      Tidak perlu membuat jenjang – jenjang, Dll.

    Kekurangan sistem tambang semprot :
1.      Memerlukan banyak air
2.      Harus ada pekerja di jalur parit, sehingga apabila ada boulder tidak menggangu aliran lumpur.
3.      Kerjanya tidak bisa cepat karena mengandalkan aliran lumpur  secara alamiah.
4.      Apabila ada salah satu pipa yang tersumbat semua proses penambangan harus berhenti, Dll.

1 komentar:

Translate