Featured Posts

Bismillahirohmanirrohim

Sabtu, 22 Oktober 2011

ASBESTOS


Contoh dari mineral metamorf adalah Asbestos. Mineral ini di gunakan dalam industri bahan bangunan yang dikenal sebagai asbes. Sebagai bahan bangunan, asbes tampil sebagai papan asbes yang umumnya dipakai sebagai plafon atau langit-langit rumah, dinding penyekat atau pemisah ruangan, dan sebagai pelapis dinding. Asbes juga banyak digunakan sebagai atap rumah.


Bahan asbes telah dikenal sejak abad ke-2 SM. Beberapa abad kemudian, Marco Polo memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat pakaian. Secara umum, asbes merupakan jenis bahan yang cukup ringan, tahan api, serta kedap air sehingga sering dipakai sebagai bahan insulasi panas pada industri. Karena sifatnya yang tidak dapat terbakar dan tidak menghantarkan panas, asbes telah digunakan secara luas untuk pembuatan produk-produk tahan api seperti untuk baju petugas pemadam kebakaran. Dalam bidang industri, asbes dalam bentuk lembaran (kertas asbes) dan benang asbes dipakai sebagai penyekat panas (bahan insulasi) untuk pembalut pipa api, pipa uap, cerobong, dan sebagainya.

Dipandang dari sudut pandang ilmu kimia, asbes adalah suatu zat yang terdiri dari Magnesium-Calsium-Silikat berbangun serat dengan sifat fisik yang sangat kuat. Bahan galian penghasilnya adalah mineral jenis aktinolit dan krisatil yang berserabut. Krisatil menempati sekitar 95% persediaan asbes dunia. Tiga perempatnya ditambang di Provinsi Quebec, Kanada. Deposit besar lainnya berada di Afrika Selatan dan Negara-negara bekas Uni Soviet. Asbes dapat diperoleh dengan berbagai metode penambangan bawah tanah, namun yang paling umum adalah melalui penambangan terbuka (open-pit mining).

Selain bermaanfaat, ternyata sabes juga memiliki kandungan zat yang berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit yang disebut asbestonis dan juga berbagai jenis kanker. Sifat asbes yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan  berupa timbulnya penyakit asbestonis sudah cukup dikenal di kalangan praktisi kesehatan kerja maupun kesehatan lingkungan. Asbestonis merupakan penyakit kronis pada paru-paru yang mengakibatkan penderita sulit bernafas dan bisa mengakibatkan kematian. Asbes dapat juga mengakibatkan kanker juenis mesothelioma, yaitu jenis kanker yang menyerang selaput perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate