Featured Posts

Bismillahirohmanirrohim

Sabtu, 22 Oktober 2011

TAHAPAN PENELITIAN


1.Tahap Perencanan / Persiapan.
Tahap Perencanan / Persiapan meliputi kegiatan inventarisasi data yang telah ada yang dilakukan oleh beberapa peneliti baik dari instansi pemerintah maupun kalangan swasta serta penelitian yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Hal ini cukup penting dilakukan untuk pemakaian kompilasi data yang akan diperoleh dan pengolahan data selanjutnya.

2.Tahap Pengambilan Data
Tahap pengambilan data meliputi pengambilan data yang langsung dilakukan di lapangan terhadap bahan galian yang mempunyai potensi ekonomis tinggi. Pengamatan langsung di lapangan berupa pengamatan keadaan morfologi, sketsa lokasi, pengukuran arah dan penyebaran bahan galian serta pengambilan contoh pada beberapa singkapan yang muncul ke permukaan.


3.Tahap Pengolahan Data.
Tahap Pengolahan Data meliputi pekerjaan analisa laboratorium terhadap contoh-contoh bahan galian yang diambil di lapangan terutama kandungan unsur kimia, perhitungan luas daerah sebaran serta perhitungan jumlah cadangan potensial.

4.Tahap Penyusunan Data
Tahap Penyusunan Data meliputi pekerjaan penyusunan data yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder yang selanjutnya dibuat menjadi sebuah Buku Laporan yang berisi informasi yang berkaitan dengan keberadaan bahan galian, arah penyebaran, jumlah cadangan, kondisi geologi, genesa dan potensi, teknik penambangan, teknik pengolahan dan analisa ekonomi serta proyek pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate